Makna Dua Kalimat Syahadat

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Sebagai seorang muslim banyak dari kita yang tidak memahami makna apa yang terkandung dalam dua kalimat syahadat, padahal kita sering mengucapkannya. Disini saya akan mengulas apa saja makna yang terkandung dalam dua kalimat syahadat yang bersumber dari beberapa kitab dari ulama salaf dan ulama muhaqqiq.


A. Makna Syahadat لا اله الا الله

Yaitu berkeyakinan dan berikrar bahwasanya tidak  ada yang berhak disembah kecuali Allahسبحانه وتعالى, berpegang teguh dan mengamalkannya. La ilaha (لا اله) meniadakan hak untuk disembah dari selain Allah سبحانه وتعالى, siapa pun orangnya. Illah (الا الله) adalah penetapan hak bagi Allah سبحانه وتعالى semata untuk disembah.

Jadi, makna kalimat ini secara global adalah “Tidak ada sesembahan yang haq selain Allah”. Khabar لا harus diasumsikan dengan  بِحَقِّ (yang haq), tidak boleh diasumsikan dengan مَوْجُوْدٌ(ada). Karena ini menyalahi kenyataan yang ada, sebab tuhan yang disembah selain Allah itu banyak sekali. Hal itu akan bermakna bahwa menyembah tuhan-tuhan tersebut adalah ibadah pula untuk Allah سبحانه وتعالى. Ini tentu kebatilan yang nyata dan datul wujud yang merupakan penduduk bumi yang paling kafir.
Kalimat لا اله الا الله telah ditafsirkan dengan beberapa penafsiran yang batil, antara lain:

1. لا اله الا الله diartikan dengan; “Tidak ada sesembahan kecuali Allah”. Ini adalah batil, kerena maknanya, “Bahwa setiap yang disembah, baik yang haq maupun yang batil, maka itu adalah Allah سبحانه وتعالى.
2. لا اله الا الله diartikan dengan; “Tidak ada pecipta selain Allah سبحانه وتعالى. Ini adalah sebagian dari arti kalimat tersebut. Akan tetapi, bukan ini yang dimaksud, kerena arti ini hanyalah mengakui tauhid rububiyah saja dan itu belum cukup.
3. لا اله الا الله diartikan dengan; “Tidak ada hakim (penentu hukum) selain Allah”. Ini juga sebagian dari makna kalimat tersebut. Tapi bukan itu yang dimaksud, karena makna tersebut belum cukup.

Semua tafsiran di atas adalah batil atau kurang. Kami peringatkan di sini karena penafsiran-penafsiran di atas ada dalam buku-buku yang banyak beredar. Sedangkan penafsiran yang benar adalah menurut salaf dan ulama muhaqqiq (ulama peneliti) adalah لاَ مَعْبُوْدَبِحَقِّ اِلاَّ اللهُ (Tidak ada sesembahan yang haq disembah selain Allah), seperti yang dijelaskan di Atas.

B. Makna Syahadat محمّد رّسول الله

Yaitu mengakui secara lahir dan batin bahwa Muhammad صلى الله عليه وسلم adalah hamba Allah dan Rasul-Nya, yang di utus kepada manusia secara keseluhannya, serta mengamalkan konsekuensinya, yaitu mentaati perintahnya, membenarkan ucapannya, menjauhi larangannya, dan tidak menyembah Allah kecuali dengan apa yang telah beliau syari’atkan.

Itulah makna yang terkandung dalam dua kalimat syahadat, semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan tidak pernah menyekutukan Allah.
Wassalam

Post a Comment for "Makna Dua Kalimat Syahadat"