Inilah Beberapa Menu Makanan dan Minuman Penghuni Neraka

Ketika kita mendengar kata neraka tentunya identik dengan kesan yang sangat menyeramkan sekali, mengerikan dan siksaan yang amat pedih. Tidak dapat terbayangkan oleh seluruh manusia bagaimana siksaan yang amat pedih di neraka. Tak ada manusia, bahkan penjahat paling keji sekalipun yang mau menjadi penghuni neraka. Bukan hanya disiksa, tetapi di neraka juga terdapat makanan serta minuman yang disediakan bagi penghuni neraka sehingga menjadi siksaan yang teramat pedih pula. Berikut makanan dan minuman bagi penghuni neraka.

Inilah Beberapa Menu Makanan dan Minuman Penghuni Neraka

Inilah Beberapa Menu Makanan dan Minuman Penghuni Neraka

1. Buah Zaqum

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam surat Ad-Dukhan ayat 43-46, yang artinya, “Sungguh pohon zaqqum itu adalah makanan bagi orang-orang yang berbuat dosa. Rasanya seperti lelehan logam yang mendidih di dalam perut, seperti air mendidih yang amat panas.”

Buah zaqum merupakan buah yang tertanam di dasar neraka jahanam. Buah ini juga membuat
penghuni neraka yang memakannya bergejolak seperti air mendidih sangat panas.

Selain itu, Allah juga berfirman dalam surat As-Shaffat, ayat 62-65, yang artinya, “Makanan surga yang disediakan untuk orang-orang mukmin itu lebih baik ataukah pohon zaqqum yang disediakan untuk orang-orang kafir yang lebih baik? Kami telah menjadikan pohon Zaqum itu sebagai azab bagi orang-orang kafir dan musyrik dalam neraka. Pohon zaqum itu adalah pohon yang tumbuh di dasar neraka jahim. Buahnya seperti kepala setan yang menyeramkan.” Pada ayat tersebut dijelaskan bahwa buah zaqum ini bukan hanya menjijikan dan menyiksa tetapi juga memiliki bentuk yang menyeramkan.

2. Minuman Hamim

Minuman yang tersedia bagi penduduk neraka ini bukan memberikan kesegaran atau kesejukan, tetapi sebaliknya. Minuman hamim ini akan semakin membuat panas setelah memakan buah zaqum. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam surat As-Shaffat ayat 66-67, yang artinya “Orang-orang kafir dan musyrik itu akan memakan sebagian dari buah pohon zaqum itu. Namun tidak menjadikan mereka kenyang. Kemudian orang-orang kafir itu akan mendapatkan hamim; minuman air mendidih yang sangat panas.” Dalam ayat tersebut diterangkan bahwa hamim merupakan minuman air mendidih yang amat panas.

Pada Tafsir At-Thabari, 21/227, juga dijelaskan bahwa hamim adalah “Air yang mendidih sampai pada titik didih yang terakhir” Selain itu, Syaikh As-Sa’di juga menambahkan, yang artinya, “Hamim adalah air yang sangat panas, penduduk neraka meminum air ini sampai menyebabkan usus-usus mereka terputus” (Tafsir As-Sa’di, tafsiran ayat 57 surat Shad).

3. Pohon Dhari

Pohon dhari merupakan pohon yang memiliki duri yang sangat keras. Makanan penduduk neraka ini juga menyiksa teramat pedih dan merusak isi perut. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam surat Al-Ghasiyah, ayat 6-7, yang artinya, “Mereka tidak akan mendapat makanan selain dari pohon yang berduri (Dhari). Yang tidak menggemukan dan tidak pula menghilangkan lapar.

Pohon dhari ini tidak akan mampu menghilangkan lapar, tetapi sebaliknya makanan ini akan menyumbat tenggorokan. Ali Ibnu Abu Talhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa Dhari artinya sebuah pohon yang berasal dari bara api.

4. Ghislin

Minuman yang disediakan bagi penduduk neraka bukan hanya hamim, tetapi ada juga ghislin. Minuman ghisilin merupakan minuman yang berasal dari campuran air nanah dan darah yang keluar dari tubuh penghuni neraka. Minuman ini tentu sangat menjijikan dan tidak dapat terbayangkan betapa menyiksa dan menyeramkan.

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam surat Al-Haqqah ayat 35-37 yang artinya, “Maka tiada seorang teman pun baginya pada hari ini, di sini. Tiada pula makanan sedikit pun (baginya) kecuali dari ghislin (nanah penghuni neraka). Tidak ada yang memakannya kecuali orang-orang yang berdosa.”

5. Al Ghassaq

Di neraka bukan hanya terdapat minuman mendidih yang amat panas disediakan untuk para penghuninya. Tetapi ada juga minuman yang teramat dingin namun memiliki bau yang sangat menyengat. Menurut Ibnu Umar, minuman Al Ghassaq ini merupakan minuman yang berasal dari nanah kental yang jika setetesnya ditumpahkan di barat bumi, niscaya penduduk timur akan mencium baunya yang sangat busuk.

6. Ash-Shadid

Selanjutnya ada minuman yang bernama Ash-Shadid yang terbuat dari nanah dan tentunya mau atau tidak harus diminum oleh penduduk neraka. Ibnu Rajab mengatakan bahwa, air shadid akan membuat wajah mereka (para penduduk neraka) hangus, sekaligus membuat seluruh kulit kepala dan rambutnya mengelupas. Selain itu, hal ini dijelaskan pula dalam surat Ibrahim ayat 16 yang artinya, “Di hadapannya ada Jahannam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah”

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’ala dan dijauhkan dari hal-hal yang menjurus kepada masuknya ke dalam neraka. Amin

Post a Comment for "Inilah Beberapa Menu Makanan dan Minuman Penghuni Neraka"